Rencana Kenaikan PTKP

(sumber: situs resmi Kementerian Keuangan)

Jakarta, 10/8/2012 MoF (Fiscal) News – Kementerian Keuangan optimistis kenaikan besaran Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dari Rp15,84 juta per tahun menjadi Rp24 juta per tahun yang direncanakan tahun ini tidak akan berpengaruh pada pertumbuhan penerimaan pajak negara. Demikian disampaikan Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (9/8).

Menkeu menjelaskan, meskipun penerimaan pajak penghasilan diperkirakan mengalami penurunan sebesar Rp12 triliun per tahun dengan pemberlakuan kebijakan tersebut, akan tetapi dampaknya belum akan terlihat pada tahun ini. “Kalau yang kemarin ini kita kan sudah hitung bahwa dari sisi penerimaan pajak penghasilan mungkin ada penurunan satu tahun Rp12 triliun,” ujarnya.

Namun demikian, Menkeu meyakini penurunan tersebut nantinya dapat dikompensasi dengan penerimaan pajak lainnya, misalnya dengan peningkatan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang meningkat karena meningkatnya transaksi perdagangan Indonesia ke depannya. “Tetapi dari pajak transaksi dan pajak lainnya nantinya, khususnya PPN bisa meningkat, itu bisa dikompensasi,” tambahnya.

Oleh karena itu, Menkeu optimistis penerimaan pajak masih dapat tumbuh pada tahun depan, dengan angka pertumbuhan masih akan berada di kisaran rata-rata 16 persen. “Jadi impactsatu tahunnya itu baru di tahun 2013. Kalau penerimaan pajak kita perkirakan tahun 2013 akan tumbuh rata-rata 16 persen,” pungkasnya.(rja)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: