Sekilas tentang Pajak Penghasilan atau PPh

Apakah yang dimaksud Pajak Penghasilan?

Pajak penghasilan atau biasa disingkat dengan PPh merupakan sistem pengenaan pajak yang berbasis pada penghasilan atau pada peningkatan kemampuan ekonomi seseorang atau badan usaha. Pajak jenis ini dikenakan hampir di seluruh negara di dunia. Hal ini dimaksudkan untuk mencerminkan rasa keadilan antara “pihak yang mampu” dengan “pihak yang tidak mampu”. Melalui pengenaan pajak penghasilan kepada seseorang, misalnya, akan berdampak pada pengurangan kemampuan keuangan orang tersebut. Akibatnya jurang pemisah antara pihak mampu dengan pihak tidak mampu menjadi tidak terlalu lebar. Pada negara maju, pengenaan pajak kepada pihak mampu bahkan dikenakan dengan tarif yang sangat tinggi.

Saya pernah mendengar pajak penghasilan sebagai pajak subyektif. Apa maksudnya ya?

Maksudnya adalah bahwa pengenaan pajak penghasilan dititikberatkan pada keadaan dan kondisi subjek pajak. Subjek di sini adalah pihak yang terhadapnya dikenakan kewajiban atau kepadanya beroleh hak yang diatur dengan ketentuan hukum. Oleh karena itu, subjek pajak adalah pihak-pihak yang secara hukum pajak mempunyai kewajiban untuk melaksanakan kewajiban perpajakan dan memiliki hak-hak di bidang perpajakan yang dijamin oleh undang-undang perpajakan.

Nah, saya juga pernah mendengar pajak penghasilan adalah pajak langsung. Apa ini maksudnya?

Maksudnya adalah bahwa pajak penghasilan dibebankan secara langsung kepada subjek pajak dan tidak dapat digeser kepada pihak lain. Berbeda dengan pajak tidak langsung, pajak ini dikenakan terhadap pihak penanggung pajak sehingga pajak jenis ini bisa saja digeser atau dibebankan kepada pihak lain. Contohnya adalah Pajak Pertambahan Nilai atau PPN.

Satu lagi Pak. Benarkah pajak penghasilan adalah pajak pusat?

Bila dilihat dari otoritas pihak yang berwenang melakukan administrasi pemungutan pajak, maka pajak penghasilan dikategorikan sebagai pajak pusat atau pajak negara. Di Indonesia, pihak yang diberikan kewenangan untuk melakukan pengadministrasikan pemungutan pajak adalah Kementerian Keuangan yang dalam hal ini dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak.

 

1 Comment (+add yours?)

  1. arma
    Feb 06, 2015 @ 06:25:25

    ulasan yang menarik, informatif bagi masyarakat kita untuk lebih mengenal lagi apa itu pajak, trims pak, salam kenal
    http://jasakonsultanpajak.org

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: